Berikut Tips Perawatan Ikan Cupang Supaya Tidak Mudah Kuncup Ekornya


Hobicupang - Perawatan Ikan Cupang, pasti temen-temen sudah pernah mengalami punya ikan cupang yang terserang ekor kuncup. Cupang yang terserang ekor kuncup terlihat sudah tidak menarik lagi. Karena cupang sendiri akan lebih cantik jika ekor dan dorshalnya bisa ngedok.


Dan pastinya buat sipemilik cupang tersebut akan gelisah, apalagi jika koleksi ikan cupang tersebut berharga mahal. Jenis ikan cupang yang sering ekornya kuncup adalah jenis serit dan halfmoon. Karena jenis ikan tersebut memiliki ekor yang lebih lebar dibandingkan dengan jenis plakat, sehingga lebih mudah terkena jamur. 

Nah di kesempatan kali ini akang akan kasih tau bagaimana cara merawat cupang supaya sehat sehingga ekornya tidak kuncup. Tapi sebelum itu, saya akan memberitahu terlebih dahulu ketemen-temen penyebab ikan cupang ekornya bisa Kuncup. Penyebab utama ikan cupang ekornya menjadi kuncup ialah Stres, tapi bukan stres mikirin utang ye :D. Penyebab Ikan bisa stres ada berbagai fator, antara lain sebagai berikut:

Penyebab Ikan Cupang Stres Sehingga Ekor Cupang Kuncup!

1. Faktor Makanan
Menurut wawancara yang saya lakukan kepada salah seorang peternak ikan cupang didaerah akang, bahwa makanan yang tidak steril atau higenis bisa menjadi pemicu utama ekor ikan kuncup karena sakit setelah memakan makanan yang tidak steril itu tadi.
 Bahkan bisa mengakibatkan ikan strees, bisa juga yang paling parah terkena penyakit. 

Makanan yang higienis bukan berarti harus dari minimarket ya sob, :). Maksut akang adalah makanan alam seperti casut( cacing sutera ), Kutir, Cacing Beku, Cacing Darah, dsb.
Alangkah baiknya temen-temen cuci dahulu sebelum memberikan makanan hidup tersebut ke ikan cupang kesayangan kalian, supaya steril dari kotoran-kotoran yang menempel dimakanan hidup tadi.


2. Terkena jamur white spote atau penyakit sisik nanas
Seperti yang dibahas diawal tadi, bahwa makanan yang tidak higienis akan mengakibatkan ikan rentan terkena penyakit, salah satunya terkena jamur white spote. Ikan yang terkena jamur white spote akan terlihat kuncup ekornya, karena white spote biasanya menempel diekor cupang, yang mengakibatkan ikan kesulitan melebarkan ekornya karena terlihat seperti lengket dan akhirnya ikan bisa stress. Sedangkan penyakit lainnya yaitu penyakit yang paling menakutkan didunia percupangan ialah Sisik Nanas. Kenapa? 

                 Baca juga Penyebab Gagalnya Memijahkan Ikan Cupang

Karena jika ikan cupang kalian terkena penyakit yang satu ini, huh alamat deh, enggak lama lagi pasti koid. Ada juga sih yang bisa sembuh tapi enggak banyak karena ya pasti mati kalau telat penanganannya.

Ciri-ciri ikan cupang yang terkena penyakit sisik nanas adalah perutnya buncit, karena kebanyak makan makanan yang tercemar kotoran dan si ikan sulit buang kotoran. Kemudian bagian sisiknya mekrok atau tegang seperti kulit nanas, serta pergerakan semakin lemah. Akibatnya ikan stress dan koid dah.

3. Cuaca Ekstrem atau tidak stabil
Cuaca juga merupakan fator penyebab ekor cupang bisa kuncup, karena jika cuaca dingin seperti musim penghujan atau pancaroba, ikan lebih rentan terkena penyakit dan stres

4. Malas Ganti Air
Untuk para pemula pastinya tidak menyadari bahwa mengganti air itu sangat penting. Menurut pengamatan akang, ikan yang saya ganti air secara rutin dibandingkan dengan ikan yang hanya 1 bulan saya ganti airnya disolitare, lebih sehat ikan yang airnya saya ganti secara rutin disolitare dibandingkan dengan ikan yang hanya saya ganti airnya 1 bulan sekali.

Saya katakan sehat karena ikan yang saya sering ganti airnya, gerakan ikan stabil lincah bisa ngedok, dan warnanya pun masih solid dan tegas. Sedangkan air ikan yang jarang saya ganti tadi gerakannya lambat, warnanya pun pucat, bahkan pudar.

Untuk Mengatasi Ikan yang ekornya kuncup sebagai berikut:

1. Kasih makanan yang higienis dan steril 
Selalu cuci makanan hidup seperti casut, kutir, jentik  nyamuk, dsb. kasih makan jangan banyak-banyak sesuaikan kemampuan ikan, jika terlalu banyak nanti makanan yang tidak dimakan ikan busuk, bisa mengakibatkan tumbuh jamur.

2. Ganti air secara rutin
Seperti yang dijelaskan tadi bahwa mengganti air dalam solitare itu sangat penting bagi ikan cupang. Jika kalian malas menggantinya dipastikan enggak lama akan terkena jamur spot tadi. Karena bakteri yang tumbuh dari sisa makanan yang membusuk di dalam air.

3. Kasih daun ketapang atau daun pisang kering
Daun ketapang terbukti ampuh untuk merawat ikan cupang, walaupun sebenarnya saya sendiri tidak tahu kandungannya, tapi saya sudah merasakan manfaat daun ketapang untuk merawat ikan cupang. Kalau sulit mendapatkan daun ketapang temen-temen juga bisa memakai daun pisang kering, ini juga bisa menyembuhkan luka pada ikan katanya.

Demikian yang bisa saya sampaikan, jika ada kurangnya saya mohon maaf ya sob :), dan jangan sungkan untuk menambahkan wawasan kalian dikolom komentar kalau ada.
Trims.